Ketika berbicara tentang kecepatan (sebagai skalar), akan lebih mudah kita memahami arti atau makna dari kata "kecepatan" tersebut. Kecepatan adalah suatu besaran yang menunjukkan besarnya jarak tempuh terhadap waktu. Dengan kata lain, jika motor kita bergerak dengan kecepatan 10 meter/detik, itu berarti selama 1 detik motor kita telah menempuh jarak 10 meter. Dalam 5 detik berarti telah menempuh jarak 50 meter.
Selama 1 jam?


Kalikan saja dengan 36000. Maka didapat 36000 meter dalam 1 jam. Atau 36 km/jam.


Masih terasa lambat untuk bebek merah mempesonaku, Pesona 5.


Setidaknya kecepatan sebesar itu bisa membuat pahaku pegal-pegal ketika mengayuh kuda abu-abuku, Monarch. Polygon-ku tersayang.



Tulisan ini mencoba mengajak para pembelajar fisika untuk lebih memahami, bukan sekedar menghafal rumus, sehingga nantinya kita bisa dengan mudah menyelesaikan persoalan-persoalan yang kita jumpai, terkait dengan kecepatan.


apa sudah ada rumus yang tertulis sejak tadi?



nah, ini dia. v adalah kecepatan (skalar atau biasa disebut kelajuan). S adalah jarak tempuh (tentu saja skalar), dan t adalah waktu.


Itu rumus. dan rumus tidak berarti apa-apa kalau kita tidak memahami apa maksud dari kecepatan itu sendiri.



Let's try out with some examples.


Paijo mengendarai motor bebek sho*un dan sedang bergerak ke arah selatan diJalan Kaliurang (dalam perjalanan ketempat pengungsian, untuk membantu korban letusan gunung merapi). Karena saking semangatnya, Paijo membawa 3 karung barang bantuan. Akibatnya motor sho*un milik Paijo tidak mampu menambah kecepatannya. Motor paijo hanya mampu melaju dengan kecepatan 15 m/sekon. Dari arah pengungsian di lereng Merapi, Awan turun menggunakan sepeda onthel, ia bermaksud membawa cempe (anak kambing) peliharaannya ke RS Hewan UGM karena sedang sesak napas karena menghirup debu vulkanik merapi. Awan, meskipun sudah sekuat tenaga mengayuh sepedenya, ia hanya mampu melaju dengan kecepatan 10 m/sekon. Ia mampu mempertahankan kecepatannya dari jalan kaliurang KM 30. Jika Paijo berangkat dari Jl Kaliurang KM 5 pada pukul 5.00 am dan Awan juga berangkat pada waktu yang sama, maka kapan keduanya berpapasan?



Ini soal cerita, benar2 soal cerita kan? Sekaligus mengenang Letusan Merapi yang baru saja terjadi dan telah menewaskan sang juru Kunci, Mbak Maridjan, beserta 15 orang tetangganya.



Bagaimana menjawabnya?


mudah, pada detik pertama, Paijo telah menempuh jarak 15meter dan Awan menempuh jarak 10meter. Sehingga total jarak tempuhnya adalah 25meter tiap detik. Berapa jarak tempuh keduanya dalam 1 jam?


Kalikan saja dengan 3600 => hasilnya 90 km/jam.


Jadi keduanya menempuh 90 km dalam 1 jam. Sedangkan jarak yang memisahkan keduanya dalah : 25 km. Maka waktu yang diperlukan adalah




Mudah bukan? untuk mencari jarak tempuh, tinggal kalikan saja dengan kecepatan salah satu tokoh, Paijo atau Awan.


Jarak dari tempat paijo berangkat (dari Jakal KM 5) adalah :



atau di Jakal KM 20


sekarang coba hitung dari arah perjalanan Awan



jadi dari KM 30 dikurangi 10 KM


hasilnya sama


Bertemu di Jalan Kaliurang KM 10.


Cukup mudah bukan???


kamu bisa mencoba untuk kasus 2 object yang saling berkejaran. It's gonna be FUN!!!


(ibnu Jihad, Fisika UGM 2007)

These icons link to social bookmarking sites where readers can share and discover new web pages.
  • Digg
  • Sphinn
  • del.icio.us
  • Facebook
  • Mixx
  • Google
  • Furl
  • Reddit
  • Spurl
  • StumbleUpon
  • Technorati