CATATAN BERHARGA DARI REUNI 212 Tahun 2018

Sampai pukul 9 pagi massa yg belum sampai ke sekitar Monas masih banyak. Mereka nyangkut di stasiun KA Gondangdia, Depok, Di Taman Kota dll. Sedangkan yg sudah sampai ke  lokasi acara REUNI 212  menyatu sambung menyambung sampai ke Monas,  sampai ujung Sudirman dan semua akses yg ke Monas. 
Intinya, Massa Reuni 212 sampai ke Jl. Sudirman dan dari semua penjuru membludak melebihi th 2016. Jadi jelas jutaan yg hadir. Kita tunggu saja Laporan "resmi" dan atau "rahasia" atau media partisan yg biasanya isinya palsu yg akan mendeskreditkan jumlah massa yg hadir sebagai puluhan ribu atau paling seratus  ribu saja. Maklum selain utk menyenangkan bossnya, Pengecilan ini juga utk menutupi laporan sebelumnya yg hanya memprediksi massa yg akan hadir paling 20,000an, dan kini ternyata meleset. Malu maluin. 
Ini juga pelajaran berharga bagi semua pihak yg selama ini berusaha keras utk menggagalkan acara Reuni 212 tahun 2018 ini. Macam macam cara dari yg halus sampai yg kasar, dari bujukan dan hadiah sampai tekanan, ancaman dan gangguan tranportasi, tetapi massa reuni tetap membludak. Dan massa justru semakin solid, sabar, militan, matang dan tahu siapa2 yg ingin menggagalkan acara reuni 212. Kami melihatnya sebagai training untuk meningkatkan militansi umat. Sementara mereka yg ingin menggagalkan Reuni bukan saja menghabiskan banyak dana dan gelisah, tetapi semakin terkuak kartunya. Luar negeripun terus menyorot pelaksanaan demokrasi di Indonesia. Bahkan sudah ada yg menilai atau mencemaskannya sebagai memasuki era repressif. 

Ada juga yg menuduh bhw massa yg hadir ke Reuni 212 dibayar Rp100ribu perorang. Jelas ini tuduhan ngawur dan motipnya mudah ditebak, yaitu mereka ingin ngadakan tandingannya dan akan meminta pada sang bandar yg sedang galau agar disiapkan dana sekurangnya sama Rp100ribu/orang. Projek ongkos! 
Padahal ini aksi damai dan perwujudan demokrasi yg dijamin konstitusi UUD 1945. Mereka yg Reuni ini paham dan pendukung setia NKRI dan Pancasila dengan Bhineka Tunggal Ikanya, serta mempraktekkannya  tanpa koar koar. Peserta REUNI 212 juga tahu sejarah lahirnya NKRI, Pancasila dan menjaga kerukunan, merawat kebangsaan dan menyadari betul arti kebersihan, ketertiban dan keamanan dalam berdemo. Bahkan yg hadir ke Reuni dari semua aliran, agama dan etnis. Tidak ada yg bayaran. Yang ada kesadaran. 
Catatan penting lain adalah pertanyaan siapa sebenarnya motor penggerak Aksi Damai jutaan orang yang ditaksir melebihi jamaah haji di Padang Arafah? Tentu saja para ulama yang dulu juga menggerakkan Aksi Damai 411 dan 212 tentang penodaan agama, dengan tokoh sentralnya Habib Riziek Shihab (HRS). Aksi ini sekaligus sebagai pelajaran berharga: 
1. Bagi mereka yang selama ini mendholimi HRS hingga Hijra ke Makkah. Ternyata HRS justru semakin di dengar, diikuti, dan di cintai umat. Sebaliknya terhadap ulama atau tokoh yang meninggalkan semangat dan cita cita 411 dan 212, yang dicuekin. 
2. Bagi pengamat atau lembaga survey yang menganggap kekuatan 212 itu tidak ada apa apanya atau kecil dibandingkan dengan ormas ormas lama dan mapan, yang belum tentu mampu menghimpun massa dalam jumlah sebesar massa 212. Massa ini datang dengan ongkos sendiri, bukan bayaran. 
3. Juga bagi tokoh, ulama dan ormas yang sering mengklaim sebagai "pemilik" massa yang datang ke Reuni adalah atas himbauan, arahan atau restunya. Kini saat mereka menghimbau tidak perlu datang ke Reuni 212, justru semakin banyak massa yang hadir. Massa ini sudah menemukan pemimpin atau ulama (baru) yang istikomah, yang dapat di percaya, yang tidak mudah tergoda duniawi. 
4. It goes without saying, aspirasi politik 2019 merekapun jelas kemana. 
Sekarang kita tahu siapa yg harus belajar dari siapa. Siapa yg harus menyontoh dan di contoh. Sing becik ketitik Sing olo kentoro. Siapa yg bohong, siapa yg jujur. Zaman berputar dan yg menang yg sabar dan benar. 

Jakarta, 2 Desember 2018
Dr. Fuad Bawazier
Pengamat langsung Reuni 212 di lapangan Monas.

These icons link to social bookmarking sites where readers can share and discover new web pages.
  • Digg
  • Sphinn
  • del.icio.us
  • Facebook
  • Mixx
  • Google
  • Furl
  • Reddit
  • Spurl
  • StumbleUpon
  • Technorati